You need to enable javaScript to run this app.

Pelantikan Bantara SMKN 3 Magelang di Bukit Tidar

  • Sabtu, 09 Maret 2024
  • Tim Jurnalistik
  • 0 komentar
Pelantikan Bantara SMKN 3 Magelang  di Bukit Tidar

MAGELANG- Dewan Ambalan 03.065-03.066 Panglima Kedaton – Sekar Kedaton SMK Negeri 3 Magelang melaksanakan pelantikan Bantara di Bukit Tidar Kota Magelang pada Sabtu, 9 Maret 2024.

Kegiatan ini diikuti 23 orang calon bantara putri kelas X dan 5 orang calon bantara putra kelas X sebagai peserta. Petugas upacara pelantikan ini adalah Bantara kelas XI didampingi Kak Panca Adhi Saputra,S.Pd.I sebagai Pembina upacara.

Pelantikan ini merupakan program kerja tahunan Dewan Ambalan sebagai bentuk penyelesaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) Tingkat Penegak Bantara. Kegiatan ini bertujuan untuk  mengamalkan  Dasadarma Pramuka ke- 9 yakni, “Bertanggung Jawab dan dapat dipercaya” sekaligus perwujudan rasa pengabdian seorang pramuka penegak pada gugus  depannya.

Momen ini menjadi spesial bagi Calon Bantara Kelas X karena telah menyelesaikan SKU Tingkat Bantara. Apalagi dilaksanakan di Bukit Tidar Kota Magelang. 

Kegiatan ini dimulai dari pukul 07.30 sampai dengan pukul 11.30 WIB. Sebelumnya,  peserta  berjalan kaki dari SMKN 3 Magelang hingga puncak Bukit Tidar sejauh 4,2 km. Setelah sampai di puncak, peserta beristirahat dan dilanjutkan kegiatan berupa tes mental yang dipandu oleh Kak Riko, alumni SMKN 3 Magelang. Setelah itu peserta melakukan persiapan dan  pelantikan. Pelantikan berjalan dengan khidmat dan  lancar.

Kak Panca Adhi Saputro, S.Pd.I. selaku kakak pembina mengucapkan selamat dan harapannya kepada  bantara yang sudah dilantik. “ Semoga tanggung jawab yang akan kalian emban bisa menjadi titik kemajuan pangkalan SMKN 3 Magelang dan sukses untuk adik semua.” ujarnya.

 “Kegiatan tadi sangat menyenangkan, secara tidak langsung saya banyak belajar selama perjalanan dan jika ingin mencapai suatu tujuan harus melalui proses dan pengorbanan. Harapan saya yaitu semoga kami bisa melaksanakan tanggung jawab sebagai bantara dengan baik seperti apa kami janjikan tadi, bisa lebih peka terhadap lingkungan sekitar, dan menjadi lebih baik lagi dari yang sebelumnya.” kata Linta Putri Solehah,salah satu bantara yang baru dilantik.

Penulis Tim Jurnalistik Skaniga: Dennis Amri Dwi Himawan/ Umi Khayah Rusiyanah

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

- Kepala Sekolah -

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang Website sekolah ini?

Hasil
Banner